Rabu, 06 Mei 2015

Tahukah Sejarah Munculnya Bakso ?


Mengkutip dari : www.puspadanta.com - Siapa yang tidak suka makan bakso? Bakso telah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Dari penjual bakso keliling menggunakan gerobak hingga stand makanan yang ada di Mall, bakso tetap menjadi pilihan masyarakat.
Bak – So berasal dari bahasa hokkien yang artinya “daging babi giling” karena kebanyakan orang Indonesia adalah muslim maka bakso lebih umum dibuat dari bahan halal daging ayam, sapi ataupun ikan.  Pada awal abad ke-17 akhir Dinasti Ming di Fuzhou, hidup seseorang yang bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo sangat baik dan sangat berbakti kepada orang tuanya. Suatu hari, ibunya yang sudah renta tidak dapat makan daging, karena giginya tidak bisa memakan daging yang keras. Sayangnya sang ibu sangat menyukai daging, sehingga sang ibu menjadi sedih.
Meng Bo sangat ingin membantu ibunya untuk dapat memakan daging. Sepanjang malam, ia memikirkan bagaimana memasak daging yang empuk untuk ibunya. Suatu hari, Meng Bo melihat tetangga menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat itu, Ia lalu mengolah daging dengan mengikuti cara tetangganya dalam membuat kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil, sehingga ibunya dapat memakan dengan mudah. Lalu, adonan tersebut direbus hingga aroma daging yang lezat dapat tercium. Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi.
Cerita bakti Meng Bo cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Penduduk berdatangan terus menerus untuk belajar membuat bakso yang di buat Meng Bo. Dan resep terus menyebar dari keluarga ke keluarga lain, kota ke kota lain dan bahkan sekarang di Indonesia. (Lala)

3 komentar: